Posted by : kingmaking Sunday, April 21, 2013

Ok, here we go, the serious one, ga usah pakai basa-basi lagi ya  ane yakin agan-agan sekalian sudah ga sabar buat mulai belajar menggambar... heheheheh 

dipersiapkan ya gan bandwithnya, karena ane akan menjelaskan setiap step dengan gambar sebanyak mungkin agar penjelasannya cukup detail 

jika agan dah siap, silakan membuka spoilernya, and good luck! 


1.
Dalam menggambar, kita akan selalu menggunakan beberapa garis bantu (alias sketsa dasar) agar gambar kita menjadi lebih rapih dan proporsional. 
Nah, garis bantu apa saja yang akan kita pakai? kita mulai dengan membuat sebuah garis lingkaran.



2.
lalu kita buat sebuah garis vertikal di tengah-tengah lingkaran tersebut, dan buat garis vertikalnya lebih panjang dibagian bawah lingkarannya ya 



3.
nah, sekarang gantian kita buat garis horizontal di tengah-tengah lingkaran tadi. Garisnya boleh lebih dikit dari lingkarannya.



nah... garis-garis bantu tadi adalah yang paling dasar dan paling penting. Garis bantu selanjutnya adalah optional, tapi ane rekomendasikan untuk tetap dibuat agar gambar menjadi lebih proporsional dan feeling agan menjadi lebih mantab 

4.
ok, sudah selesai dengan garis bantu basicnya? sekarang kita perdetail lagi garis-garis bantunya agar presisinya nanti akan lebih mantab. 
Buatlah garis horizontal yang sedikit lebih kebawah dari tepi paling bawah lingkaran tadi, panjang garisnya minimal sepanjang garis horisontal sebelumnya ya 



ini akan kita namakan sebagai garis rahang. karena nanti garis bantu ini akan membantu kita menentukan letak rahang karakter kita. penasaran? hayu kita lanjutkan lagi 

5.
sekarang buatlah sebuah penanda kecil di garis vertikal tadi, jaraknya dari tepi lingkaran terbawahnya adalah sekitar 1/4 dari total diameter lingkaran tadi.



ini adalah garis dagu, inilah yang akan menentukan seberapa besar panjang kepala karakter kita nanti 

6.
mulai bosan dengan membuat garis-garis yang ga jelas mulu ya? 
sabar gaaan, dikit lagi bakal mulai kelihatan kok... hehehe 

nah, buatlah garis vertikal (yang agak miring) mulai dari sisi paling kiri lingkaran, sampai ke garis rahang yang barusan kita buat tadi.



7.
Lanjutkan garis yang agan buat barusan tadi, kali ini tarik garisnya sampai ke garis dagu.



8.
nah, sekarang buatlah garis yang sama dengan step 6 dan 7 tadi, bedanya, sekarang garisnya berada di sisi kanan dan merupakan kebalikan dari garis step 6 dan 7 tadi.



hayoooo, mulai keliatan kan? semangat semangat! 

9.
"waduuuh, kok garis kepalanya jadi keliatan lancip gini... "
tenang dulu gan, pada dasarnya itu tadi adalah garis bantu bentuk kepala, hehe.

Naaah, sekarang kita perhalus garis-garis lancip tadi, biar terasa lebih alami bentuk kepalanya 



10.
Alright! sekarang garis kepala yang lancip tadi sudah bisa kita hapus, garis rahang dan garis dagu juga sudah bisa di hapus. Hati-hati ya menghapusnya, jangan sampai garis kepala (yang benarnya) ikut terhapus, dan jangan pake emosi menghapusnya, kasian kan nanti kalau kertasnya lecek 



wooohoooo! jadi deh gambar bentuk kepala kita! sekarang ayo mulai menggambar matanya 

11.
Untuk mata, kita akan membuat beberapa garis 'penentu' dan 'pembatas' lagi. Penasaran? Atau sudah bosan membuat garis-garis lagi? Jangan sampai bosan ya gan, semua garis ini sangat berguna kok. Lah tadi coba, buktinya kita sudah membuat garis-garis yang banyak banget, dan pada akhirnya? Hasil akhirnya cukup proporsional kan? Naaah, makanya jangan bosan-bosan gan ngebuat garis-garis pembantu ini 

Kali ini kita akan membuat beberapa tanda untuk membuat gambar mata, buatlah sebuah titik di garis horisontal lingkaran tepat di tengah-tengah antara garis vertikal lingkaran dan tepi lingkaran.

lalu buatlah titik yang sama juga pada sisi sebelahnya 



titik tadi adalah yang akan menandakan lokasi gambar mata kita akan berada 

12.
more dots! sekarang bagilah lagi jarak tersebut tadi dengan titik penanda. Buat se-equal mungkin 



titik-titik tadi adalah titik yang akan menentukan seberapa besar gambar mata kita nanti.


13.
ok, ane yakin agan-agan sekalian pasti sudah berkoar-koar karena sudah kesal disuruh membuat titik-titik terus. Tadi udah garis, sekarang titik, nanti apalagi??! >.<
Hehehe, tenang gan, justru asiknya itu dimulai dari sekarang. Siap? hayu kita mulai menggambar matanya! yuhu!

Kita mulai dengan membuat garis lengkung yang akan menjadi kelopak atas mata kita 

posisi dari kelopak ini sendiri optionable, tapi ane sarankan untuk selalu sedikit dibawah garis horisontal lingkaran, kecuali untuk special occassion seperti tokoh sedang melotot, etc bisa sampai diatas garis horisontal lingkaran.



14.
lalu kita buat garis lengkung dibawahnya dengan panjang yang lebih kecil dari garis kelopak atas tadi. Garis inilah yang akan menentukan seberapa 'sipit/belo'nya mata karakter kita 



15.
hiiiy, serem ya gan, karakternya seperti lagi pingsan 
hayu buruan dibuat pupil matanya 



16.
ok, sekarang bikin alisnya gan, karena ini karakter cowo, bikin alisnya yang agak tebal ya gan, biar 'cowo'nya kelihatan 




17.
Hore! Matanya udah jadi!
Hehehe, udah mulai kelihatan hasilnya kaaan? Hayu kita teruskan sampai akhir gan! Keep the spirit on fire!!! 

Sekarang kita buat gambar hidungnya. Kita akan buat gambar hidung yang cukup simpel aja, caranya? coba kita tarik garis kecil di tengah2 garis vertikal lingkaran. 

Kita mulai dari menarik garis dari atas, garisnya yang tipis dulu ya, lalu semakin ke bawah semakin tebal garisnya, lalu sebelum mencapai persilangan antara lingkaran dengan garis vertikalnya, tipiskan lagi garis hidungnya.

kira-kira seperti inilah gambar hidungnya, simpelkan? 



inilah hasilnya ketika ditempatkan ke gambar kepala kita 



18.
waaaah, tinggal mulut nih sebelum gambar mukanya lengkap! 
untuk ukuran mulut, kita bisa bebas menentukan seberapa lebar atau imutnya mulut karakter kita, meski biasanya lebarnya tak melebihi jarak kedua mata. Tapi kembali lagi, ini preferensi masing-masing. Disini ane akan memberikan sebuah senyuman kecil... hihihihi



hihihi, karakter kita sedang tersenyum!  

19.
telinga! telinga! hayu kita buat gambar telinganya. Caranya gimana? Garis telinga itu kurang lebih sama seperti huruf C, dan lipetan dalam daun telinganya itu seperti huruf S. Hehe, main huruf-huruf sekarang nih 

posisi telinga itu biasanya dimulai dari bagian tengah mata, sampai tepi bagian bawah lingkaran. Hayu dicoba 



20.
aaaah! kecewa nih! garis bantunya sepertinya mengganggu gambarnya ya? ya sudah, saatnya menghapus garis-garis bantu ini! toh kerja garis-garis itu sudah selesai..
siap2 dihapus... 



HAYOOO!!! ga nyangka kan? Bisa jadi gitu ternyata! hehehehehhe ajaib kan? 

tapi ada yang kurang nih.... KARAKTER KITA GUNDUL!!!! yahahahahhaha. Hayu dibuat rambutnya sekarang biar karakter kita ga ngambek gara-gara kepalanya kinclong 

21.
untuk menggambar rambut, kita akan membuat 2 garis bantu lagi (2 garis ini yang terakhir gan!!! suerrrrrrr )

pertama-tama buatlah sebuah garis lengkung di atas mata... seperti ini 



naah, garis ini adalah garis batas tumbuh rambut, bayangkan saja seperti seberapa luas jidat karakter agan 

bentuknya adalah seperti huruf C yang sedikit lebih menggembung di kedua sisinya 

lalu buat garis lengkung lagi di luar lingkaran dan ikutilah kelengkungan garis batok kepala.



garis ini akan menentukan seberapa tebal rambut karakter kita. Jadi seberapa tebal terserah agan ya! asal jangan terlalu tipis/tebal juga 

ok, persiapan rambut telah selesai, sekarang kita maju lagi ke penggambaran rambutnya itu sendiri! Maju!!!


22.
hayu kita buat poni rambutnya dulu! Ingat, kita sudah membuat garis pembatas tumbuh rambut, jadi jangan membuat garis /\ lebih dari garis yang telah ditentukan tadi... contohnya seperti ini


ini salah! jangan lakukan ini!

jangan melebihi garis yang telah ditentukan sebelumnya, yang benar adalah seperti ini.


naaah, terasa lebih natural bukan? 

23.
ok.. lanjooeet, sekarang kita akan membuat rambut bagian luarnya. Ingat, kali ini garis batas tumbuh rambut adalah lingkaran batok kepala. Sedangkan untuk ketebalan rambutnya, atau model zig-zag rambutnya, ikutilah garis ketebalan rambut yang tadinya telah ditentukan 

 

24.
wowowowowowowo bentar lagi selesai! Tapi sebelum itu mari kita gambar dahulu lehernya.

tebal leher untuk laki-laki biasanya sekitar jarak antara kedua mata. Tapi ini tidak menjadi keharusan, kadang bisa lebih lebar dan kadang bisa lebih kecil juga  



daaaaan, tinggal hapus garis batas tumbuh rambut dan ketebalan rambutnya, beri warna sedikit... dan... voila!!!!



SELAMAT!!!!! 
kita telah selesai membuat gambar kepala karakter kita! gimana? asik bukan? 

well, at least the result isn't too bad, is it? 
lah wong TSnya aja sendiri gambarnya belum bagus kok (udah tau belum bagus, malah nekad bikin trit tutorial aja )



"ane sekarang pingin gambar karakter cewe gaaaan! ajarin dong cara-caranya... "
siiiiip, sekarang ane anggep agan smua sudah hapal dengan basic-basic tadi ya.. jadi untuk beberapa step ane skip.

sekarang hayu kita buat karakter cewe yang cantiiiiiiiik    


1.
sketsa dasaaaar... sketsa dasaaaar... selalu gunakan garis-garis ajaib ini  dijamin tak akan menyesaaaaal 



2.
alright, sekarang mulai ane ajarkan apa saja perbedaan antara kepala cowo dengan kepala cewe... disimak baik-baik ya gan 

kita mulai dari garis rahang, biasanya garis rahang cewe sedikit lebih tinggi dari garis rahang cowo. (sedikit ya gan! jangan sampai merusak proporsinya juga! )

dan garis dagu juga biasanya lebih pendek dari garis dagu cowo (alias kepalanya lebih kecil daripada kepala cowo).



3.
ok, sekarang kita buat garis bantu bentuk kepalanya, gapapa kok kalo misalnya masih tajem-tajem sudutnya, yang penting dibuat dulu garisnya 



4.
sudah? Ok tinggal diperhalus garis bantunya tadi untuk mendapatkan bentuk kepalanya.

ada beberapa tips disini :

-garis rahang cewe itu lebih halus daripada garis rahang cowo.
-sedangkan dagu cewe, itu lebih lancip daripada dagu cowo.



5.
ok, kalian bisa hapus garis bantu bentuk kepala, garis rahang, dan garis dagu. Meninggalkan garis bentuk kepalanya yang halus 

sekarang mari kita beralih ke mata. Kita buat dahulu titik bantu untuk menentukan posisi matanya. Titik bantunya sama ketika kita membuat titik bantu mata untuk karakter cowo 



trivia kecil dalam membuat gambar mata cewe

-terkadang ada yang membuat ukuran matanya menjadi lebih besar dari cewe. Tapi untuk ane, ane tidak membuat ukuran matanya membesar, melainkan pupil-nya lah yang ane perbesar. Akan diterangkan lebih lanjut nanti 

6.
alright, sekarang mari kita buat kelopak mata atasnya. ada tips juga untuk menggambar kelopak mata atas cewe

-karakter cewe mempunyai kelopak mata atas yang lebih tebal dari cowo. Ini adalah tips penting  Dan jika bisa/diperlukan, dapat digambar pula bulu lentik di kelopak mata atasnya, (tapi hati-hati jangan terlalu banyak lentikannya, bisa-bisa di sangka cewe yang dandanannya menor 



7. 
next! kelopak mata bawah dari karakter cewe. ada tipsnya juga niiih

-kelopak mata bawah cewe tetap lebih tebal dari cowo, tapi terkadang panjang garis kelopak matanya menjadi sedikit lebih pendek dari cowo. Yang ini optional 



8.

nah... masuk ke bagian pupil mata. Disini yang tipsnya kudu di perhatikan.

tipsnya simpel aja, yaitu pupil mata cewe itu jauh lebih besar dari pupil mata cowo. Bahkan dalam beberapa kasus (gambar maksud ane ) ukuran pupilnya hampir memenuhi seluruh bagian mata. Tapi ini kembali ke preferensi masing-masing. Basicnya itu pupil mata cewe biasanya lebih besar dari pupil mata cowo.



9.

ok, tinggal alisnya! tips yang kudu diperhatikan

-alisnya cewe itu biasanya lebih tipis dan lebih panjang ketimbang alis cowo.



kalau sudah selesai gambar matanya, sudah bisa dihapus titik-titik pembantu mata 

10.
turun ke hidung sekarang. inget, agar kesan cute cewenya kelihatan, coba ukuran garis hidung di perkecil. Atau minimal tidak sepanjang dan setebal hidung cowo.

dan untuk mulutnya, tentu aja ukuran mulutnya lebih tipis dan lebih mungil, agar kesannya menjadi cewe 'manis' 



11.
alright... telinga. Untuk telinga.. lagi-lagi ukuran telinga cewe itu lebih kecil daripada telinga cowo, dan alasannya lagi-lagi karena untuk membuat kesan cewe 'manis' 

tapi untuk posisi telinga, letak telinga cewe itu lebih kebawah sedikit dari letak telinganya cowo.



setelah itu bisa dihapus garis-garis bantunya. tapi biarkan dulu garis bantu batok kepalanya, kita akan menggunakannya itu buat gambar rambutnya nanti 

12.
Naaaah, rambut. Berhubung rata-rata cewe mempunyai rambut yang lebih panjang dan tebal dari cowo, maka untuk pembuatan garis bantu untuk tebal rambut, bisa dipertebal/diperbesar area tebal rambutnya. Sedangkan untuk batas tumbuh rambut di bagian jidat dan batok kepala karakter masih sama dengan cowo.

kita buat dulu garis bantu rambutnya 



13.
ok, kita buat poninya. Ini lagi-lagi untuk masalah rambut, kembali ke presensi masing-masing. Tapi buat rambutnya sehalus mungkin, jangan sampai kaku 

perbanyak lengkungan daripada garis lurus untuk membuat garis-garis rambutnya, lalu sela-sela rambut jangan terlalu lebar. Buat se'berisi' dan sehalus mungkin.



14.
sekarang kita buat rambut bagian luarnya. Kali ini ane akan coba membuat rambut panjang, karena cewe itu identik dengan rambut panjang bukan? 

sekali lagi ini rambut, masalah presensi masing-masing, jadi jangan terlalu terpaku dengan apa yang ane buat nanti ya 

tapi tips basic dari rambut cewe itu simpel, ya itu perhalus lengkungan setiap helai rambutnya, lalu jangan banyak menggunakan rambut zig-zag (kecuali ingin membuat cewe yang keras hidupnya sama seperti cowo ). Dan perbanyak arsiran pada rambutnya jika memungkinkan (meski lebih dianjurkan sih )



jika sudah selesai, sudah bisa di hapus garis bantu rambut dan garis bantu batok kepalanya 

wih, udah kelihatan cantik nih... hehhehehe 

15.
ok, leher! berhubung badan cewe itu lebih mungil daripada badan cowo, maka leher cewe biasanya lebih kecil dari leher cowo, jadi terasa seperti leher cewe itu lebih panjang 

leher jelas lebih tipis/kecil dari leher cowo, tapi untuk urusan panjang/pendek ini optional. Kadang tipisnya menyesuaikan dengan panjangnya, kadang juga tidak. Try experimenting! 



tinggal tambahin warna sedikit... dan VOILAAA!!! 



lumayan manis kan gambar cewenya gan?   



Diposkan oleh Yoga Anggrian

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Creation X And King Maker Lovers - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -